Juara II Asincan, Salam Kemanusiaan!

Juara II Asincan, Salam Kemanusiaan!

Monday, 26 November 2018

Emergency 4 adalah sebutan lain dari Palang Merah Remaja di SMK Negeri 4 Bandung. Ekstrakulikuler ini merupakan salah satu ekskul wajib, sama halnya dengan Pramuka dan Paskibra. Jika Pramuka berhubungan dengan keterampilan dan ketangkasan, kemudian Paskibra berkaitan dengan kedisplinan dan bela negara, berbeda pula dengan PMR yang hubungan dengan kesehatan dan keselamatan manusia.

Biasanya pada perlombaan PMR akan ada 7 mata lomba. Salah satunya ialah Asincan.  “Asincan adalah sebuah mata lomba di PMR tingkat Wira (SMA/SMK/Sederajat) dan Madya (SMP/MTs/Sederajat) yang bertemakan tentang ayo siaga bencana.” Papar Muhamad Rafli Pratama pemenang kedua lomba Asincan di SMA Negeri 24 Bandung. “Dimana lomba ini adalah seperti sebuah permainan ular tangga yang setiap kolomnya ada soal yang harus dijawab oleh pemain dan juga ada jebakan, jebakan ini bisa membuat kita kembali ke kolom terkecil dan otomatis soal yang berada antara kolom jebakan dan kolom terkecil kita tempati tersebut hangus. Kolom dilomba ini hanya 38 buah dan setiap kolomnya ada beberapa soal, jebakan, dan yang tidak ada apa-apanya.” Jelasnya lagi mengenai perlombaan yang telah diikutinya tersebut. “70% ketepatan menjawab soal, 30% menyelesaikan permainan.” Jawab Rafli ketika ditanya penilain dalam perlombaan Asincan.

Siswa kelas XI ini memang baru pertama kali mengikuti perlombaan PMR tingkat Wira namun dengan penuh perjuangan dia mampu membanggakan SMK Negeri 4 Bandung. Apalagi mengingat perlombaan di SMA Negeri 24 Bandung yang terkenal sulit. Terima kasih pretasinya, Rafli! Salam Kemanusiaan! Siamo Tutti Fratelli!

(S.A)