Pelaksanaan In House Training 2021

Pelaksanaan In House Training 2021

Thursday, 29 July 2021

Tahun pelajaran 2021-2022 mulai dilaksanakan pada hari Senin, 19 Juli 2021. Pelaksanaan pembelajaran khususnya bagi SMKN 4 Bandung, memasuki tahun yang baru dengan kurikulum baru yaitu SMK Pusat Keunggulan (SMK PK) sekaligus sebagai sekolah penggerak. Sesuai dengan visi pendidikan indonesia yaitu “Mewujudkan Indonesia maju yang berdaulat, mandiri, dan berkepribadian melalui terciptanya Palajar pancasila yang bernalar kritis, kreatif, mandiri, beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia, bergotong royong, dan berkebinekaan global”, SMKN 4 Bandung sebagai sekolah penggerak harus mampu memnjadi katalis untuk mewujudkan visi pendidikan Indonesia.

Fokus dari program ini adalah pengembangan hasil belajar siswa secara holistik dengan mewujudkan Profil Pelajar Pancasila dengan fokus kepada kompetensi kognitif (literasi dan numerasi) serta non-kognitif (karakter) yang diawali dengan SDM (Sumber Daya Manusia) yang unggul (kepala sekolah dan guru). SDM yang unggul dapat dicapai dengan pelatihan dan pendampingan terkait peningkatan kompetensi pengembangan diri dan karir, serta implementasi pembelajaran dengan menerapkan kurikulum merdeka, dibarengi dengan penggunaan platform pembelajaran dengan penerapan kurikulum merdeka dan independent learning.

Berdasarkan pada program tersebut, maka diadakanlah IHT (In House Training) di SMKN 4 Bandung dengan materi :

  1. Kebijakan Sekolah Penggerak
  2. SMK Pusat Keunggulan (PK)
  3. Spektrum dan Struktur Kurikulum SMK PK
  4. Profil Pelajar Pancasila
  5. KI-KD & Capaian Pembelajaran
  6. Sillabus & Alur Tujuan Pembelajaran
  7. RPP & Modul Pembelajaran
  8. Pembelajaran & Asessment
  9. Pembelajaran Berbasis Proyek
  10. Pengenalan LMS SMKN 4 Bandung

Yang diberikan langsung oleh pengawas pembina SMKN 4 Bandung, Kepala SMKN 4 Bandung, Wakil Kepala Sekolah Bid. Kurikulum, perwakilan industri, serta guru penggerak yang telah mengikuti pelatihan intensif. IHT dilaksanakan selama 3 hari, Rabu-Jum’at, 21-23 Juli 2021 yang dilaksanakan secara daring menggunakan media Google Meet dan LMS (Learning Management System) SMKN 4 Bandung yang dikelola secara mandiri. Workshop ini akan menghasilkan administrasi pembelajaran selama satu tahun pelajaran pada seluruh tingkatan siswa SMKN 4 Bandung.