Pelaksanaan PLS 2021 - SMKN 4 Bandung

Pelaksanaan PLS 2021 - SMKN 4 Bandung

Thursday, 29 July 2021

Dalam Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional menyebutkan bahwa pendidikan nasional bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab. Pengembangan potensi peserta didik sebagaimana dimaksud dalam tujuan pendidikan nasional tersebut dapat diwujudkan melalui kegiatan intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler.

Pembinaan peserta didik semakin krusial dengan mudahnya informasi didapatkan, namun pribadi peserta didik yang masih labil memerlukan referensi sebagai filter atau saringan agar informasi yang dicerna merupakan informasi yang positif dan dapat meningkatkan poduktifitas peserta didik, baik secara personal maupun sebagai siswa sekolah.

Kegiatan Pengenalan Lingkungan Sekolah (PLS) di sekolah merupakan kegiatan pertama masuk Sekolah untuk mengenalkan program, sarana dan prasarana sekolah, cara belajar, penanaman konsep, pengenalan diri, dan pembinaan awal kultur Sekolah. Pada kegiatan PLS tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya, karena kegiatan pada tahun ini sedang dilanda pandemi Covid 19, tentunya pelaksanannnya harus sesuai dengan protokol kesehatan yang dikeluarkan oleh pemerintah.

SMKN 4 Bandung, selaku penyelenggara pendidikan menengah, berada dibawah wewenang Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat, menyelenggarakan kegiatan PLS tahun 2021 berdasarkan panduan yang diberikan oleh Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat. Kegiatan dilakukan secara daring dan luring terbatas memanfaatkan platform digital yang dimiliki oleh SMKN 4 Bandung, meliputi media sosial dan aplikasi zoom sebagai media pelaksanaan PLS 2021. Kegiatan ini dilaksanakan mulai tanggal 19 – 23 Juli 2021 mulai pukul 06.30 – 12.00. Kegiatan dimulai dengan survey pra-pelaksanaan untuk mengetahui kesiapan calon peserta didik dalam mengikuti PLS 2021 di SMKN 4 Bandung mulai hari Kamis, 15 Juli 2021, dan diakhiri dengan penempatan peserta didik ke Whatsapp grup kelas masing-masing.