Si Hitam Manis XI-MM, Juara II International Photography and Short Movie Festival 2018

Si Hitam Manis XI-MM, Juara II International Photography and Short Movie Festival 2018

Friday, 09 November 2018

Bandung, 7 November 2018, bertempat di Dago Tea House, Shaftian K. Iskandar, siswa kelas XI MM ini berhasil memenangkan salah satu juara di kategori Photography in Student. Perlombaan tersebut merupakan bagian dari acara IPSMF (International Photography and Short Movie Festival) 2018.

IPSMF adalah perlombaan tahunan yang diadakan oleh Universitas Telkom Bandung. Pada tahun ini IPSMF mengusung tema, “Our Culture is Out Future”. Berdasarakan tema tersebut siswa berkulit hitam manis ini akhirnya memotret Tari Topeng Cirebon sebagai objeknya. “Awalnya Shaftian dikasih dua pilihan, Tari Topeng sama Jaipong kalau enggak salah dan menurut Shaftian Tari Topeng lebih jepretable.” Papar Shaftian ketika diwawancarai.

Termotivasi mengukir prestasi untuk jurusannya, maka dengan persiapan yang cukup matang akhirnya Shaftian melakukan penggambilan gambar di Taman Hutan Raya Dago, Ir. H. Juanda. Dibantu oleh dua teman dan kakak perempuannya, akhirnya Shaftian K. Iskandar memenangkan juara 2 di lomba tersebut. “Saya sempat nyasar, terus waktu itu Shaftian pakai Canon 1000D, udah jadul, dan lensa kitnya kotor pisan. Terus Fahmi meminjamkan saya lensa fix analog punya dia. Berhubung di lokasi pengambilan gambar tempatnya enggak terlalu luas dan saya pakai lensa fix, jadi ya harus hati-hati, takut terperosok ke jurang atau jatuh, dan sebagainya.” Ungkap siswa tersebut ketika ditanya kesulitan dalam pengambilan gambar..

Juara diajang internasional dan bersaing dengan 5 kandidat besar lain pastilah menjadi tantangan tersendiri untuk Shaftian. Meskipun belum meraih juara 1 namun prestasi ini tetaplah membanggakan. Semoga dengan prestasi ini bisa memotivasi siswa-siswa SMK Negeri 4 Bandung untuk lebih kompetitif dalam berbagai perlombaan. Terima kasih atas pretasinya Shaftian K. Iskandar! (S. A)