TechnoPat #1 - Cara Belajar Coding dengan Bermain Game !

TechnoPat #1 - Cara Belajar Coding dengan Bermain Game !

Wednesday, 08 September 2021

Apa yang ada di benakmu ketika mendengar soal programming? Apakah hal ini membosankan, serius, dan membuatmu pusing? Bagi sebagian orang, pemrograman tak ubahnya seperti matematika yang rumit dan memusingkan kepala. Bagaimana tidak? Kamu akan berkutat dengan rangkaian kode script yang hanya dipahami oleh komputer dan kalangan tertentu saja. Meski demikian, siapa bilang belajar pemrograman harus selalu serius bahkan stres? Lewat game untuk belajar pemrograman, mitos-mitos itu bisa terpatahkan loh.

Meski mengandung istilah dan bahasa yang rumit, programming bukanlah hal yang sulit apabila kamu belajar sambil bermain.

Ada beberapa website yang bisa kita gunakan untuk belajar coding, tapi sambil bermain game loh. Tujuan nya untuk menghilangkan rasa bosan saat belajar coding. Cara ini juga ampuh untuk meningkatkan skill kamu nih!

Berikut adalah beberapa website belajar coding dengan cara bermain game.

  • CodeMonkey (codemonkey.com)

Dalam CodeMonkey, kamu akan diminta untuk menggerakkan seekor monyet untuk mengambil pisang. Bahasa yang digunakan untuk memerintahnya adalah bahasa CoffeeScript yang nanti akan dicompile ke bahasa javascript.

  • CodeWars (codewars.com)

Berbeda dengan CodeMonkey, di codewars kita bisa memilih lebih banyak bahasa pemograman, mulai dari javascript hingga Haskell. Namun, sebelum bermain kamu akan diberi tes untuk menentukan seberapa jauh mana kemampuan coding-mu! Setelah itu kamu akan diberikan beragam teka-teki yang harus dipecahkan.

  • CodeCombat (codecobnat.com)

Website selanjutnya yaitu CodeCombat. Website sama seperti codewars yaitu menyediakan berbagai bahasa untuk kita pelajari dalam game yaitu seperti javascript, python, coffescript, dsb.

Itulah beberapa website belajar coding dengan cara bermain game yang bisa kamu manfaatkan untuk melatih skill programming. Dari mana pun sumbernya, jangan lupa semangat dan terus belajar ya!