TechnoPat #2 - Apa itu Robot?

TechnoPat #2 - Apa itu Robot?

Thursday, 23 September 2021

Robot adalah suatu perangkat yang bisa melakukan tugas berbentuk nyata ataupun tidak nyata yang di oprasikan dengan program berstruktur , baik dengan pengwasan dan kontrol mannusia Istilah robot berawal bahasa Ceko “robota” yang berarti pekerja atau kuli yang tidak mengenal lelah atau bosan.

 

Sejarah Robot

Kata robot itu sendiri diambil dari kata yang berasal dari kata robota, yang mempunyai arti pekerja, dipopulerkan oleh Isaac Asimov pada tahun 1950 dalam sebuah karya fiksinya. Robot biasanya digunakan untuk tugas berat, bahaya, pekerjaan berulang dan kotor. Robot itu pertama kali dikembangkan oleh Computer Aided Manufacturing-International (CAM-1), “ Robot adalah peralatan yang mampu melakukan fungsi-fungsi yang biasa dilakukan oleh manusia, atau peralatan yang mampu bekerja dengan intelegensi yang mirip dengan manusia”. Definisi kedua, dikembangkan oleh Robotics Institute of America (RIA), perkumpulan pembuat robot yang lebih menitikberatkan terhadap kemampuan nyata yang dimiliki oleh robot terhadap kemiripannya dengan manusia.

 

Fungsi robot

Umumnya robot merupkan alat manipulator yang mampu di program , mempunyai berbagai fungsi yang di rancang untuk memindahkan barang , komponen - komponen atau alat alat khusus melalui berbagai gerakan terprogram untuk pelaksanaan berbagai pekerjaan.

 

Apa saja yang terlibat 

Dalam mekanik atau control robot biasanya robot memanfaatkan piranti keras seperti permesinan , system elektronika dan desain mekanaik luar ada pun system piranti lunak seperti software pendukung untuk membuat program agar robot dapat berfungsi

 

Contoh pekerjaan robot yang dilakukan dalam kehidupan nyata

kita mengambil contoh dari robot arm , robot arm ini biasanya di gunakan dalam industri yang didefinisikan sebagai lingkungan Dalam perkembangan mesin yang terotomatisasi ini akan menjadi bermacam-macam spesifikasi tergantung kebutuhan aktifitas manusia terhadap otomatisasi industri dan robotika. mempunya tugaas untnuk bertugas untuk menggantikan pekerjaan yang menuntut keahlian (accurary), kecepatan dan lain-lain.

 

Link Instagram : Instagram SMKN 4 Bandung