Technopat #4 - Bahasa Pemograman yang Mudah Dipelajari untuk Pemula

Technopat #4 - Bahasa Pemograman yang Mudah Dipelajari untuk Pemula

Wednesday, 13 October 2021

Semakin berkembangnya industri teknologi membuat developer menjadi salah satu posisi yang masuk dalam kategori ‘most wanted’ bagi seluruh industri teknologi ternama. Dan tahukah Kamu bahwa hampir seluruh perusahaan tersebut bersedia untuk membayar mahal demi mendapatkan yang terbaik. Akan tetapi, seperti yang kita ketahui, kuantitas developer yang mumpuni masih dirasa kurang. Stereotipe tentang dunia pemrograman adalah sesuatu yang sulit, membuat banyak orang berpikir berkali-kali untuk mempelajarinya, meskipun mereka tau seberapa besar keuntungannya apabila mereka berhasil menguasainya.

Kami merangkum bahasa pemograman yang sederhana dan mudah dipahami bagi para pemula yang mau terjun di dunia pemograman. Simak penjelasan berikut.

  • Python

Python adalah bahasa pemprograman yang paling mudah untuk pemula. Dikembangkan pada tahun 80-an, bersifat open source dan bebas untuk digunakan, bahkan untuk aplikasi komersial. Selain itu, Phyton juga bersifat dinamis, mendukung object-oriented, prosedural, dan gaya pemrograman fungsional.

  • JavaScript

JavaScript adalah bahasa pemrograman yang digunakan dalam pengembangan website agar lebih dinamis dan interaktif. JavaScript memiliki fitur-fitur seperti berorientasi objek, client-side, high-level programming, dan loosely typed.

  • C++

Bahasa pemrograman C++ memiliki data dan function yang disatukan dalam kelas dan objek untuk bekerjasama memecahkan sebuah masalah. Jadi ketika Kamu ingin mengubah fungsi, tidak perlu mengubah keseluruhan program. Dengan begitu, pengubahan kode akan lebih fleksibel. Selain itu, C++ juga merupakan medukung Object Oriented Programming (OOP).

  • Java

Java adalah salah satu bahasa pemrograman yang paling populer dan umum di dunia. Dirilis pada tahun 1995, Java adalah bahasa yang berorientasi objek berbasis kelas dan dirancang untuk menjadi portabel, yang berarti bahwa kamu dapat menemukannya di semua platform, sistem operasi dan perangkat. Java biasanya digunakan untuk membangun aplikasi Android, aplikasi desktop, dan video game.

Hal yang dijelaskan diatas yaitu beberapa bahasa pemograman yang bisa dipelajari menurut kami. Kamu bisa menyesuaikan kembali sesuai dengan kebutuhan mu. Terima kasih